MATERI 5 - Preventif Maintanance atau Perawatan berkala dari sisi Hardware, Software, Case dan Komponen dalam dan Memerikasa Komponen Dalam
Preventif Maintanance atau Perawatan berkala dari sisi Hardware, Software, Case dan Komponen dalam dan Memerikasa Komponen Dalam.
Peventive Maintance merupakan suatu pengamatan secara sistematik yang di sertai alisa teknis ekonomis untuk menjamin berfungsinya suatu peralatan produksi dan memperpanjang usia pakai suatu peralatan/mesin.
Pemeliharaan preventif
juga menawarkan keuntungan :
-
Keamanan data meningkat
-
Memperpanjang waktu hidup komponen
-
Stabilitas komponen meningkat
-
Mengurangi jumlah kegagalan komponen
A. Pemeliharaan Preventif
- Hardware
o
Memeriksa kondisi kabel, komponen. Membersihkan komponen bertujuan untuk
mengurangi panas dari komputer (overheating). Memperbaiki atau mengganti
komponen yang menunjukan kerusakan. Hal yang harus dilakukan :
- Menghapus debu dari kipas
- Menghapus debu dari power supply
- Menghapus debu dari komponen dalam komputer
dan perangkat periperal. Misal Printer Software
o
Pastikan perangkat lunak yang di install adalah instalasi yang paling
baru. Gunakan langkah ini untuk menciptakan pemeliharaan software yang
dibutuhkan :
- Review dan menginstall pembaruan keamanan
yang sesuai
- Review dan menginstal update driver yang
sesuai
- Memperbarui file definisi virus
- Pindai virus dan spyware
- Menghapus program yang tidak diinginkan atau tidak dipakai
- Case dan Komponen dalam
o Debu
dapat masuk melaui cooling fan. Ketika debu menumpuk menyebabkan mencegak
aliran udara dan mengurangi pendinginan komponen. Komponen yang panas dapat terjadi
eror dan over heating.
o
Untuk menghilangkan debu harus menggunakan udara terkompresim aliran
rendah udara ESD Vacuum Cleaner dan kain kecil yang bersih. Komponen ini yang
harus selalu di cek :
Heat
sink dan kipas lainnya
RAM
Kartu
Adaptor
Mother Board
Kipas
Power
Supply
Memory Internal
o
Pengecehan rutin juga memberikan kesempatan untuk mengecek :
Hilangnya slot ekspansi karena tertutup debu, kotoran atau hewan2 lain.
Skup
yang longgar yang menguatkan kartu adapter
Kabel
longgar atau kusut dapat lepas dari case dan komponen.
-
Memerikasa Komponen Dalam
o
Metode terbaik untuk menjaga komputer dengan membuat jadwal pengecekan
komputer. Ini adalah daftar komponen untuk diperiksa :
Kipas
CPU dan Kipas lainnya.
•
Pastikan kipas angin dapat berputar dengan baik. Periksa kabel listrik.
Dan lihat putaran kipas saat hidup.
RAM
•
RAM harus terpasang dengan aman dalam slot RAM, terkadang klip penahan
dapat longgar. Pasang kembali jika perlu. Dan hapus debu yang menempel.
Storage Devices (Penyimpanan)
•
Kabel harus aman ditempat yang sesuai. Dan pastikan tidak ada suara,
ketukan dan lainnya. Karena jika ada berarti ada yang salah pada Hard Drive
Adapter Cards
•
Harus diperiksa dudukannya. Jika longgar dapat menyebabkan arus pendek.
Screws (Mur)
•
Jika ada yang longgar, di kencangkan. Dapat menyebabkan konsleting atau
rusak, mur tidak dapat di lepas.
Kabel
•
Periksa semua konektor kabel. Mencari adakah kerusakan atau tidak.
Pastikan kabel tidak berkerut , robek, bengkok dengan parah.
Power
Device
•
Memeriksa kekuatan listrik dan perangkat UPS. Pastikan ventilasi terbuka
dengan baik.
Keyboard dan mouse
•
Gunakan udara terkompres untuk memberihkan nya terutama sensor mouse.
B.
Masalah Lingkungan
-
Hal-hal ini dapat membantu memastikan kinerja operasi komputer secara
maksimal :
o
Tidak menghalangi ventilasi atau aliran udara
o Jaga
suhu natara 45 – 90 derajat fahrenheit. 7 – 32 Celcius
o
Menjega tingkat kelembaban antara 10 – 80 %
-
Suhu dan kelembaban rekomendasi sangat berfasiasi tergantung produsen
komputernya. Jadi harus memilih komputer yang sesuai dengan keadaan di sekitar.
C. Trouble Shooting
Pencarian sumber masalah secara sistematis
sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan .
1)
Identifikasi Masalah
Langkah pertama dalam proses pemecahan masalah
adalah untuk mengidentifikasi masalah. Dapatkan informasi sebanyak mungkin
masalah yang di dapat .
o
Percakapan
Ajukan pertanyaan langsung untuk mendapatkan informasi
Jangan menghina
Jangan menuduh pelanggan sebagai penyebab masalah.
o
Pertanyaan terbuka dan tertutup
Menggunakan pertanyaan terbuka untuk mendapatkan informasi umum. Dan
pertanyaan tertutup menghasilkan jawaban ya atau tidak.
o
Mendokumentasi respon
Tuliskan apapun itu yang anda pikirkan mengkin penting untuk diri anda
atau orang lain.
o Beep
Code
Masing BIOS memiliki urutan beep yang unik. Perpaduan suara Beep pendek
dan panjang. Jika ada kesalahan maka
akan mendengar beberapa bunyi.
o
Informasi BIOS
Jika
booting kompter terhenti maka selidiki pengaturan BIOS. Perangkat mungkin tidak
terdeteksi atau di konfigurasi dengan benar.
o Event
Viewer
Sebuah aplikasi yang memperlihatkan :
•
Apa masalah yang terjadi
•
Tanggal dan waktu dari masalah
•
Keparahan masalah
•
Sumber masalah
•
Nomer ID Event
•
Pengguna yang masuk saat kerusakan terjadi
o
Device Manager
- Menampilkan perangkat yang dikonfigurasi pada
komputer. Sistem operasi beranda perangkat yang ridak beroprasi dengan benar
dan kesalahan ikon.
o Task
Manager
- Menampilkan aplikasi dan proses latar
belakang yang sedang berjalan. Dengan task manager dapat menutup aplikasi yang
berhenti merespon. Dan dapat melihat kinerja CPU dan Virtual Memory.
o Alat
Diagnostik
- Untuk membantu mengdiagnosa dan memecahkan masalah
yang terjadi.
2)
Membangun teori kepastian
Langkah kedua dalam proses ini adalah untuk
membangun teori :
1.
Membuat daftar alasan paling umum untuk kesalahan
Mulai dari masalah yang sudah jelas sebelum
beralih ke diagnosa yang lebih kompleks. Daftar penyebab paling mudah atau
paling jelas di bagian atas. Sedangkan yg komplek di bawah.
2.
Proses pemecahan masalah melibatkan pengujian setiap kemungkinan.
3)
Menguji Teori untuk mengetahui Penyebab.
Jika sudah memiliki teori yang cukup maka ,
dapat menentukan penyebab pasti dengan menguji teori penyebab kerusakan
komputer tersebut.
Hal yang harus dilakukan :
a.
Dekripsi masalah
b.
Langkah-langkah untuk mengatasi masalah
c.
Komponen yang digunakan dalam perbaikan
d.
Catat semua yang terjadi walaupun itugagal karena dapat sebagai pedoman
kesalah yang pernah dilakukan sebelumnya.
D.
Masalah komputer yang sering terjadi dan Solusinya.
-
Storage Device
o
Biasanya pada kabel yang linggar atau salah, drive yang salah dan fotmat
media , kesalahan jumper , pengaturan BIOS.
-
Motherboard dan kompnen Internal
o
Sering terjadi karena kabel yang longgar, kegagalan komponen, kesalahan
drive dan update yang korup.
-
Power Supply
o Catu
daya yang rusak, sambungan linggar dan tidak memadai wattnya.
-
CPU dan memori
o
Instalasi yang salah dapat merusak komponen ini, pengaturan BIOS yang
salah, tidak memadai pendingin udara dan ventilasi.
Komentar
Posting Komentar